Balada Mahasiswa Semester Tua 2 : Akhirnya Sarjana

by - Monday, December 08, 2014

Yuhuu! kembali bersama saya di blog yang lama ditinggalkan ini. Kali ini saya tidak membawa postingan tentang byuti yes,tapi hari ini saya ingin berbagi soal momen cukup besar dan memorable yang terjadi dalam perjalanan hidup saya, yang pastinya akan saya kenang selalu seumur hidup (tsaaahhhh)

 
Sebenernya post ini udah basi banget terlantar sejak Oktober, soalnya malesss banget ngelanjutinnyah *tabok diri* ahhaahh tapi sayang udah setengah jalan kalo gak dipost! Jadi baiklah saya lawan semua kemalasan yang menghadang dan akhirnya terciptalah post random dan ga penting ini.


Berapa post yang lalu-lalu ini kan saya pernah curhat kalo saya lagi hectic-hecticnya sama TA saya, tapi puji Tuhan..semuanya sudah terlalui. Nih episaut pertamanya bisa dibaca di mari ---> Balada Mahasiswa Semester Tua 1


Saya sudah lulus S1, tinggal tunggu wisuda aja buat meresmikan tambahan embel-embel 'S.Ds' di belakang nama sayahhhh. Yeeeeey!




Rasanya?! Yang pertama tentunya amat sangat plong dan lega, happy sih udah pasti lah ya, dan yang terakhir adalah nggak percaya.


Ya, saya masih berasa ga percaya sih kalo kehidupan perkuliahan saya sekarang sudah berakhir dengan selesainya sidang dan disubmitnya hard cover skripsi saya, saya sampe nanya ke temen-temen saya berkali-kali "Eh ini beneran nih kita ga bakal ngampus-ngampus lagi?"


Masih ngga percaya dan amazed juga kalo saya bisa melewati 'sidang' yang super menakutkan itu. Yang selama berbulan-bulan ini menjadi momok yang bikin saya stress dan pusing setiap hari. Sampe-sampe saya suka mikir "Kok bisa sih??! wkwk


Hampir saya patah arang waktu itu, saya hampir memutuskan untuk mundur TA semester depan karena merasa nggak sanggup untuk menyelesaikan project yang saya buat, karena kemalasan saya sendiri sebenernya. Jadi setelah temen-temen progress nya udah 50-60%, saya masih 0 alias belum mulai sama sekali, ngajak dosen berantem kan itu namanya?! *getok diri pake pemukul baseball*


Tapi saya mau lulus barengan sama  teman-teman saya dan saya merasa, kalo saya mundur saya cupu dan pengecut banget dong, kalo di game saya anggap si sidang TA ini adalah 'final boss' yang harus saya kalahkan. Saya menolak untuk menjadikan 'mundur' sidang sebagai konsekuensi yang harus saya ambil karena kemalasan saya, jadi untuk mempertanggung jawabkan kemalasan saya itu ya saya harus melanjutkan apa yang sudah saya mulai dan HARUS lulus.

Dan perjuangan nyelesain TA  dan mempersiapkan sidang itu sungguh berat banget, mulai dari harus lawan rasa males, bolak balik ke percetakan seminggu 4 kali, ga pacaran 3 bulan, menggelontorkan uang yang ga sedikit, cari vendor dan barang untuk display sidang ke mana-mana, belom lagi musibah ngeprint salah,  etc etc

Hingga saya sampai di suatu titik jenuh dan sekali lagi saya udah hopeless, nggak tau apa saya bisa nyelesain TA saya ini apa ngga.



But really, prayers do work guys.

Jadi semua ini, dan kelulusan saya itu sebenernya pekerjaan dari Yang Di Atas, not mine.. Karena kalo saya sendiri ga bakal sanggup deh nyelesainnya, bener-bener saat itu ngerasanya udah hampir mustahil. But He allows me to graduate this year, so I'm really thankful for it ^^


Jadi kemaren bikin apa sih emang sampe uring-uringan gitu?




Ini loh


Ini cuma mock-up, bukan produk sebenarnya --"


Major kuliah saya adalah Visual Communication Design - Graphic Design, dan seperti kebanyakan mahasiswa VCD, TA nya itu haruss bikin 1 karya sesuai jurusannya (Multimedia, Animasi, Grafis). Karena saya Desain Grafis jadiiii karya nya adalah buku.
Nah untuk project TA saya kali ini saya membuat sebuah buku novel fantasi dengan ilustrasi sebagai media visualisasi cerita. Biasanya nih kan kalo baca novel isinya tulisan doang, akan lebih sip dan asik kalo cerita itu didukung oleh tampilan visual yang menarik dan ilustrasi yg mendukung kan? Apalagi kalo tokoh utamanya ganteng #wei.

So, here it is. A fantasy novel with illustration, named Goddess Tears.

Idenya awal mula muncul dari kesukaan saya sama cerita dan game fantasi, tadinya sih pengen dibuat bentuk komik cuman males gambar panel nya buanyaak hahaha Jadinya dibuat bentuk novel aja, karena saya pribadi juga suka baca cerpen dan novel, soalnya asyik aja ngebayangin sesuatu dari untaian-untaian kalimat hehe. Nah saya kepikiran untuk buat ilustrasi-ilustrasi yang mengiringi cerita dalam novel itu, karena kan untuk sebagian besar orang lebih gampang untuk nangkep maksud melalui tampilan visual, dibandingkan dengan kata-kata. Kira-kira begitulah kisah dari kelahiran novel ini


Cerita, ilustrasi dan desain dikerjain semua oleh satu orang, kebayang kan bebannya berat banget buat nyelesainnya :'( Ini novel ceritanya karang2an saya, tapi ceritanya super malesin, saya aja yang bikin ga mau buka2 buat baca soalnya kesel wkwk. Saya ga pernah kasih siapapun baca ceritanya sampe abis soalnya maluu hahhaha maklum engga pernah nulis cerita jadi kontennya amit-amit :'( Jadi cukup liat gambar2nya aja xDDD





Dengan modal persiapan di atas dan juga doa sebanyak-banyaknya,  saya pasrah menghadapi sidang yang semakin hari semakin bikin jantung saya mau copot




Akhirnya hari penghakiman itu datang...





21 Oktober 2014







Inilah stand display yang sudah dibuat sebelumnya, karena punya saya simpel cuman meja ditaplakin maka membangunnya pun tidak makan waktu lama. Kawan-kawan yang lain sih sampe bikin stand PRJ buat TA, ga paham. Kalo saya mah display pahe aja deh, meja ditaplakin selesai.. ora ono duwitnya bikin macem macem


Sebelum sidang harus foto ganteng dulu lengkap dengan kostum sidang yang seharusnya formal, tapi ini malah jadi kaya anak sekolahan.



So, here are the media utama, yaitu novel nya and the gimmicks, Gimmick nya sebenernya masih ada cuman ga kepoto smua hahah





Detik-demi detik berlalu, saya sampe bikin list pertanyaan kira-kira apa yang bakal keluar, baca penulisan berulang kali, bolak-balik ke wese, uring-uringan, hingga tibalah giliran saya maju

Rasanya jantung mau keluar dari mulut booo... takut ga bisa ngomongg hahaha


Tapi setelah di depan lama-lama deg-degan nya ilang sih , malah jadi woles dan waktu presentasi jadi overtime saking kebanyakan nyerocos. Yang tadinya takut nggak bisa ngomonh ujung-ujungnya malah engga bisa berhenti nyerocos pas presentasi.. #gebukdiripakepcentongnasi


Pas tanya jawab ga bisa dibilang terlalu lancar sih..masih ada "aa..ee.. aa..ee" Tapi setidaknya bisa jawab ketika ditanya dan ga mengeluarkan kalimat pamungkas yang bisa mengantar kita menuju pembantaian "Maaf Bu, Saya kurang tau." ----> ini gol bunuh diri namanya, jangan sekali-kali mengeluarkan kalimat ini. Walaupun kita emang ga tau mau jawab apa, usahakan ngeles dan mengulur waktu sebanyak mungkin wkwkwk

Kemudian setelah presentasi dan tanya jawab selesai, kembalilah kita duduk di kursi membawa catatan revisi segunung. Setelah sidang selesai walaupun belum pengumuman, bisa lah ya sedikit bernapas lega soalnya at least the hardest has passed, we did our best already dan soal hasilnya, pasrahkan sajah ke bos Yang Di Atas.




 Hingga tibalah waktu pengumuman, jam 6 sore.




Semua peserta sidang dipanggil, dikumpulin di depan panggung, berdiri berbaris. Sumpah semua mukanya pada kaya orang nahan mules 6 bulan. Kaku tegang ga rileks. Dosen juga semua manas-manasiin n nakut-nakutin..


Sialnya, gara2 temen saya yang super kampret, saya disuruh joget ubur2 dulu di depan panggung baru para dosen mau ngumumin hasil sidangnya. Iyah, ga salah denger. JOGET.


"Dan untuk mencairkan suasana yang tegang, kami persilahkan saudara Claren untuk maju ke depan dan menghibur kita semua."



And I was like...







What the.. Ebusetttt itu di ujung junior semua duduk dan menonton dengan seksama, tak lupa dengan kamera dokumentasi yang siap sedia merekam.  "Anjirrr... Ya kali gue joget & diliatin junior, malunya dikenang sampe 10 taun angkatan " dalem ati ngedumel



"Kalo Claren ga joget, dan kalo kalian semua ga joget ikutin Claren. Kami ga akan umumin hasil sidang hari ini." ujar salah satu dosen berinisial Y yang dengan muka sangat serius menjurus ke marah. Saya ga ngerti dia marah karena apa, sebegitu pentingkah joget saya untuk kelangsungan hidup di muka bumi ini? 


Akhirnya dengan berat hati saya mempermalukan diri saya sendiri di depan 215312856 anak-anak lainnya dengan berjoget ubur-ubur di depan meja penguji.


Sungguh beliau membuat suasana tegang dan krik krik krik yes.. bayangkan joget ubur2 ditengah keadaan hati yang sedang galau menunggu kepastian nasib kelulusan, awkward dan absurd yes?? Mau ketawa juga kaga bisa.

Sampe temen di samping saya terpaksa joget tapi mukanya antara geram daan nahan nangis. Yasalam





Ternyata kita semua joget buat dikerjain!! HAHAHAHAHH..  kita semua dinyatakan lulus!!!

Rasanya kaya ke wese setelah nahan mules 6 bulan. Sungguh. Plong sodara sodara. Sayang hari itu grade dan nilai sidang nggak langsung diumumin. Tapi at least sudah lulus!!!  yeyy!


Selesai sidang bukan berarti saya langsung bisa istirahat, esoknya saya kembali lagi ke kampus untuk nontonin sidang temen2 sayah dan bongkar display.. which is super capek banget :>




22 Oktober 2014


Kegiatan saya hari itu pretty much adalah menonton, memberi semangat sekaligus mengacaukan sidang teman-teman saya. Semua temen2 deket saya sidangnya hari itu, saya dan 1 teman saya beda hari sendiri hiks hiks. This is definitely the craziest sidang in the history of my University. Well, let the pictures talk!





IL DIVO? Cool Colors? Bekstrit Boys??

Ini padahal mereka yang pake kemeja putih-jas ini semua sidang  hari itu, tapi coba liat kelakuannyah :"))


Itu yang ditengah cici dosen penguji loh! yang suruh saya joget 
Nampak seumuran ya??




Ini dosen penguji juga
|
|
|
|
|
v








  Lagi tengah-tengah sidang pun malah bermain





Kesian enengnya sidang sendirian, jadi semua standee diboyong ke depan buat nemenin.



Daaan..tibalah saat pengumuman!





ALL OF US DID IT! 

Akhirnya semua bisa teriak 'KITA SARJANA!" yeayyy!



Later on, a few weeks later adalah pengumuman grade sidang
which all of us in pictures above made into A!!



and an extra gift from God

.
.
.
.
.
.
My work, and also my friends',  made it to the Big 10!!





Sungguh hadiah terbaik di sepanjang tahun ini!





Jadi udah 1 bulan lebih nih jadi sarjana, terus ke depannya mau gimana? Selama ini sibuk ngapain aja? Kerja apah?
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.



1. Bangun siang
2. Bangun siang
3. Bangun siang


Hahahahah pokoknya sampai akhir tahun ini saya gak mau ngapa-ngapain, pengennya liburan, jalan-jalan, bangun siang, boros mania, cari kegiatan baru, padahal emak dan bapak sudah ngomel karena sudah disekolahkan mahal-mahal tapi tetap menganggur..Maafkan anakmu yang tidak berguna ini :"(
Seriously saya belum dapet ilham gimana karir saya ke depannya, mau jadi apa, masih nampak abu-abu semuanyah :') Kalo kaya lagu Minky Momo nih ya kaya gini nih:




"Ingin menjadi apa..setelah dewasa? Ingin menjadi apa... tak terbayangkaann..."





Baiklah, sekian sudah saya akhiri post super gak penting tapi panjang banget kaya jembatan Suramadu ini. Sampai jumpa di post berikutnyahhhh..





Salam,



Claren Stefanie, S.Ds




wakwkakakwkak



(kabur sebeum ditimpuk panci)





You May Also Like

5 comments

  1. Congrats ya ci,btw aku jg anak ubm >< tapi ilkomers

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo Biemersssss! :D Commitment, Accountability, Respect, Excellent *ini malah jadi yel yel POM*

      Delete
  2. TA nyah jawaban dari permasalahan apa kak? buku teori yang dipakai dr siapa? aku lagi bingung nih nyari judul TA... T_T

    ReplyDelete

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram