Looking Through 2015, Welcoming 2016

by - Monday, January 04, 2016





SEMUANYAA, SELAMAT TAHUN BARU!!

*tiup terompet*




Wooo I can't believe it's another goddamn year again!
Uedan yah, udah tahun baru lagi aja loh, emang bener kata orang kalo hidup di dunia ini bagaikan berkendara di pesawat Milenium Falcon nya Han Solo, melesat dengan kecepatan cahaya! #mentangmentanglagitrendStarWars . Gimana gimana, tahun ini goal dan resolusinya sudah tercapai? Dietnya berhasil? Yang jomblo udah berhasil dapet patjar? #ngengg

Mumpung tahun baru masih anget-angetnya, saya mau bikin post kaleidoskop ah! Isinya tentang drama dan intrik yang terjadi di kehidupan saya selama tahun 2015. Ciaelah.. terus esensi nya apa? Kalo untuk khalayak ramai ya ngga ada faedahnya sih, orang ini nulis buat diri saya sendiri kok, saya baca sendiri terus senyum-senyumin sendiri #oranggila. Abisnya, kan belakangan ini blog saya isinya ripiuan melulu, bosen ah, sekali kan yang punya blog mau nongol. Kan pengen juga cerita-cerita gitu walau garing.


Oke, dimulai dari yang bagus-bagus dulu yak



***



 Graduated from University 

Pertama, mungkin ini hal terbesar yang sangat saya syukuri tahun ini. Pernah dulu saya ngedumel di blog meratapi skripsi saya yang mandek kaya proyek MRT, lha MRT aja masih jalan, dipantau Jokowi lagi, sedangkan saya dipantau dosen yang galaknya kaya Koh Ahok T-T (tapi aku sayang kamu kok kakak dosenku, makasih ya kak Cucur, muwaaach~)

Tapi ya jeng, emang jalannya Tuhan tuh bisaan aja, saya sendiri juga masi ga nyangka bisa diwisuda kalo inget waktu itu saya uring-uringan ketinggalan progress dari temen2 yang lain, orang saya kira saya bakalan mundur skirpsi semester depannya malahan. HADUH MAU JADI APAAA?? SEDIH EMAK BAPAK

Nah mamak, anakmu sudah sarjana, tinggal tunggu sarjana muda tampan melamar :') . Eh, ada ga yah tapi? #kodekeras






Karir, Teman-teman dan lingkungan baru

Sehabis lulus kuliah, target saya langsung cari kerjaan dan ga kepikiran hal yang lain-lain macem lanjut ke S2, buka usaha sendiri, apalagi kawin <--- plis, 'kawin' nya harus di bold, italic dan di underline. Soalnya saya pengen punya income yang stabil biar bisa beli lipstik 3 hari sekali & cari pengalaman dulu lah.

Puji Tuhan sebulan setelah saya diwisuda saya diterima jadi Graphic Designer di salah satu grup F&B (Food & Beverage) berinisial BG yang mungkin salah satu restorannya sekali dua kali pernah mas-mba pembaca sambangi. Hint nya, grup ini yang menaungi restoran bernama Makan Siang Pake Lada. Silahkan tebak dan kirim jawaban Anda ke PO BOX 1234 dan dapatkan uang monopoli sebesar lima juta rupiah.

6 bulan saya kerja di grup F&B ini bisa dibilang cukup menyenangkan, saya belajar banyak hal dari segi kerja sama, tanggung jawab, eksplorasi design, walaupun saya masih ga mudeng kalo soal teknis macem manajemen restoran & gimana pengelolaan dalam perusahaan F&B yah, saya juga dapet masukan banyak buat design2 yang saya bikin, atasan & lingkungan kerja juga baik-baik sama saya. Tapi pernah juga saya melakukan kesalahan yang super fataaal, yang akhirnya bikin saya trauma & down. Ditambah dengan situasi internal kantor yang kurang bagus buat ke depannya, akhirmya saya nekat resign.



Sebenernya impian saya sampe sekarang, kerja jadi illustrator di studio kaya Caravan atau Stellar Labs, tapi saya sadar diri skill gambar saya belom mumpuni buat kerja di studio sebesar itu, yaudah saya pikir ngga usah di studio gede juga ga apa-apa, yang penting kerjaan saya ngegambar #sekalianajabukapakdiBlokM, eh tapi ga nemu juga jalannya bro, akhirnya saya kesampingkan ilustrasi menjadi hobi saja. Sampai akhirnya ngga ada angin ngga ada ujan, datanglah tawaran pekerjaan yang 'asing' dan 'not my cup of tea', masih Graphic Designer sih, tapi di perusahaan digital media, a field that I don't have any basic knowledge lho.

Awal kerja sih stresss buanget T__T since I'm the kid who doesn't know anything about digital world, udah gitu gaya desain media juga beda jadi harus penyesuaian. I felt truly left behind and worthless. Tapi untungnya temen-temen di tim baik & supportive banget, saya juga jadi termotivasi buat banyak belajar supaya bisa banyak berguna buat kantor dan juga tentunya ilmu buat diri saya sendiri. Masih ngga percaya sih bisa kerja di sini, saya yakin banyak orang yang lebih cocok dan kompeten di bidang ini daripada saya, tapi saya masih dikasih kesempatan untuk belajar. Bener-bener puji Tuhan banget deh pokoknya.



Tapi tetep aje yah, dua kali kerja di kantor yang berbeda, antena penangkap sinyal jodoh tetep ngga bunyi tuh. HUFFFTTT



Got my Driving License, Credit Card & Passport!


Bisa dibilang SIM, Katu Kredit dan Passport adalah awal tanda dari kedewasaan dan kemandirian. Kenapa? Karena ketiga benda itu adalah simbol tanggung jawab. Berarti kita udah cukup dewasa dan bertanggung jawab untuk berkendara sendiri, cukup bertanggung jawab dan bijak untuk memanfaatkan kartu kredit sesuai dengan pendapatan, dan bertanggung jawab atas diri sendiri ketika bepergian. Boleh pergi berduaan, asal tidak satu kamar, apalagi satu selimut yes?


Saya bikin passport karena saya pengen ke Jepang tahun ini, gak tau pokoknya gimana pergi nya, jadi pergi apa ngga, duitnya dari mana, yang penting diimanin dengan bikin passport dulu! Lagian ya, mosok udah segede gini ga pergi jalan2 keluar, sampe petugas imigrasi aja gak percaya dan memicingkan matanya dengan penuh curiga ke saya waktu saya wawancara passport, "Jadi mba yakin belum pernah keluar dari Indonesia ya?" seakan-akan saya adalah TKW gelap T_T

Kalo SIM sih sebenernya engga ada niat bikin, orang saya nggak yakin bisa nyetir. Tapi disuruh terus sama bokap. Ujung-ujungnya yah itu SIM belom kepake juga sih, cuman nangkring di dompet, kemana-mana saya masih naik gojek,angkot, KRL dan kawan2nya kalo nggak ya dianter. #mubazir

Kalo soal kartu kridit sih itu sebenernya saya bikin buat maen Smule biar bisa beli lagu buat karaoke T_T



Had my first trip with friends!


Percaya ga, walau muka saya dibilang impor kaya imigran Mongolia, saya ga pernah naik pesawat?

Iye sumpah, awal sebabnya sih saya bukan dari keluarga yang ada duit lebih buat biaya jalan-jalan, dan saya juga aslinya emang dari Jakarta, jadi ngga pernah deh tuh yang namanya keluar kota, keluar negeri pake pesawat. Liat pesawat sih pernah yah, tapi ya 3000 kaki dari tanah alias dari jauh. Plus, saya sering liat dan baca berita yang serem-serem soal pesawat jadi saya takut, liat pesawat terbang di atas genteng rumah aja saya suka panik, gimana kalo saya naik?

Singkat cerita waktu itu ada promo tiket murah ke kampungnya Mas Katon Bagaskara (Jogja :p) dari maskapai XXX. Sebelumnya saya pernah ke sana, udah lama banget itupun karena study tour sekolah jadi mau ga mau harus pergi. Pertama kali ke Jogja saya kesengsem banget lah, apalagi saya baru pertama kali pergi ke luar daerah. Jadi begitu diajak ke sini lagi sama temen-temen, saya mau banget. Dan kunjungan kedua pun tetap berkesan. I lop yu pul Jogja!


Hmm.. kalo pengalaman pertama saya naik pesawat saya gak bisa cerita banyak, yang saya inget saya berdoa dari awal take off sampe landing. Sekian
 
Akhirnya bisa foto awan ngehits kaya orang-orang #kekinian ;')




Bought my long-time-wishlist item, Mirrorless Camera! 


Item ini sudah saya ngebetin sejak 2 tahun lalu tapi ngga kesampean karena nda ado uang kak :"). Setelah saya kerja baru saya bisa nabung sedikit-sedikit buat beli. Selama nungguin duitnya kekumpul saya baca dan rajin kepo soal merek kamera mirrorless. Makin saya kepo, makin saya pusing kayak disuruh milih mau dinikahin sama Takeru Sato apa Sota Fukushi. Karena ini kan bukan barang murah ya, keputusannya sekali seumur hidup, harus dipikirin secara mateng, ya itu tadi persis kaya milih calon suami. Akhirnya setelah ngegoogle dan kepo sampe muntaber, takdir membawa saya ke Fujifilm X-A2. Tone Fuji bagus katanya, plus ada layar selpih nya, akhirnya saya bungkus deh.



Participated in Karotenoid 2015 

Mungkin kalo yang kenal atau tahu saya dari blog ini, ngga banyak yang tahu kalo sebenernya kesenengan saya adalah dunia menggambar dan ilustrasi. Kebetulan saya tukang nggambar yang juga ganjen, selain menggambar di kertas saya juga suka menggambar di muka. Selain kepengen palet Cotman saya juga kepengen palet Too Faced, hadeh hadeh.


Sebelum lanjut, kenalan dulu yuks sama dua koko di bawah ini , koko yang di sebelah kiri namanya Reinhard, koko yang kanan bawah namanya Nirwan. Kita bertiga temenan deket sejak awal masuk kuliah sampe sekarang. Kalo diibaratin, kita bertiga deketnya kaya pisang kepok yang numbuhnya nempel. Sama-sama suka ilustrasi dan gambar, akhirnya kita bertiga coba untuk bikin circle ilustrasi, namanya 3Cina.

Iya, nama circle nya 3 Cina, karena kita bertiga emang orang Cina :)))) bahaha banyak sih yang 'tersentil' sama nama ini karena provokatif (katanya), tapi sebenernya ngga ada maksud apa-apa kok, kita emang anaknya iseng, suka bawa-bawa Cina kalo becanda satu sama lain, kita juga ga memasukan unsur kecina-cinaan dalam karya kita. Ya sebenernya provokatif apa nggaknya tergantung kita lihat dari sisi mana sih, Pada dasarnya kan Cina nama negara, ngga ada bedanya kan sama 3 Jepang, 3 Arab atau 3 Amerika? :)

Nah, Oktober tahun kemarin pertama kalinya 3Cina ikut Karotenoid, art bazaar yang diadain oleh Carrot Academy-salah satu sekolah ilustrasi di Jakarta. Art bazaar itu semacam acara buat showcase sekaligus jualan karya kita, kalau yang pernah ke Popcon Asia atau ComicCon mungkin familiar dengan acara kayak gini. This was such a big leap and wonderful experience for us, kita banyak ketemu orang baru, sharing ke sana ke sini juga yang paling bikin seneng kalo ada orang yang suka & mengapresiasi karya kita, rasanya ga terhingga deh :'))))



Nanti kapan-kapan saya bahas deh soal art di blog, yak ga tahu kapan pokoknya kapan-kapan #janjimanisbelaka



Appear in Puberteen Magic Party for exi(s)t#4 Exhibition


Puberteen Magic Party adalah karya salah satu teman saya yang diikutkan dalam pameran Exi(s)t4 - The Food Files di Dia.Lo.Gue. Artspace Kemang, bulan November sampai Desember kemarin. Bentuk karya ini berupa art video yang mengambil konsep food, sex & celebration, dengan setting dunia imajinatif yang innocent, ceria & warna-warni . Di sini saya bantuin teman saya sebagai talent videonya, jadi si kribo yang pink ituh :))))

Walau ada 'sex' nya, this is not about the kinky stuff, no one is getting naked nor touching each other during the filming, semuanya simbolis dan interaksi antar karakternya menggunakan makanan. Jadi art video ini tentang 2 anak remaja yang merayakan pubertas & kemerdekaan seksualitasnya dengan perayaan makanan yang absurd. Pokoknya intinya gitu deh, kalo konsepnya ditulis di sini semua bisa jadi PDF 15 halaman :(

Seru banget deh proses filming ini! This was a real thrilling experience for me, saya nggak pernah main video-videoan apalagi akting, saya sempet takut menghancurkan proyek temen saya ini karena saya gak yakin saya bisa ngelakuinnya. Tapi ternyata proses shoot sampai jadi filmnya berjalan dengan lancar dan mulus! Even the crowd like the movie! Ngga nyangka banget, I really can't believe I can do something like this. Pelajaran posiif yang bisa diambil, Sometimes forcing yourself out of the comfort zone can make you realize YOU CAN DO something that you think you're not capable of.

More about this exhibition can be read on http://sub-cult.com/daily-news/exist-4-the-food-files-2.html



Brought my blog to the next level





Tahun ini banyak perubahan di blog ini, ini hal yang ga pernah saya sangka sebelumnya. Pelan-pelan sponsor dan undangan event berdatangan, kenal banyak temen baru & expand networking juga. 

Pihak yang mau saya ucapin terimakasih adalah Kawaii Beauty Japan, karena dari KBJ lah saya banyak dapat kesempatan untuk mereview produk (terutama produk Jepang), dapat banyak kenalan baru di event juga yang akhirnya malah jadi temen.  Hal ini juga ga lepas dari kalian yang sedang membaca sekarang ini, terima kasih banyak, semoga blog ini bisa jadi lebih bermanfaat lagi, saya juga mau minta maaf karena blog ini masih banyaaaak kurangnya. Moga2 di tahun ini saya bisa berbenah lebih banyak lagi buat blog ini, hiks hiks hiks

Saya sadar, blog yang pada awalnya cuma bercandaan doang ini perlu ditangani dengan lebih serius, jadi nama blog saya yang dulunya kaya situs dewasa itu sudah pake nama paten dengan domain resmi. Sekarang ngga ada lagi xxxheartillyxxx.blogspot.com , tapi jadi clarenstefanie.com (Horee!) Tapi tetep, blog ini akan tetep woles kaya di Maldives, sharing for fun tanpa harus ada yang dipaksakan. :)



***

Walau tahun ini banyak hal baik yang terjadi, banyak juga pait-paitnya. Tapi saya ngga mau terpaku sama yang pait-pait, masa lalu biarlah masa lalu kalo kata Bunda Inul, jadi saya langsung skip aja ke target dan goal di tahun 2016 ini, supaya bisa fokus ngewujudinnya 8)))

Di tahun 2016 saya mau..


 JODOH




Nah ini nih yang penulisannya kudu di bold underline dan di italic. Sebenernya hidup menjomblo itu gak buruk atau menyedihkan, suwer. Malah selagi jomblo justru itu saatnya menikmati waktu kumpul sama temen-temen dan menggali potensi diri lebih banyak, ngga ada yang ngatur, semua bebas di diri kita. Tapi yah, kayaknya dosis drama Korea dan Jepang yang terlalu banyak membuat saya kadang baper juga mendambakan sosok pria gantheng yang rela ngasih kulit ayam KFC punya dia, kalo kata Mba Arum. Kadang walau saya sibuk tapi hati saya sepi gitulah wakakak. Jujur saya agak susah si cari pacar, padahal kriterianya juga ga muluk-muluk amat. Ya gitu deh, mungkin saya harus mandi green tea, soalnya jaman sekarang kalo apa-apa pake green tea kan cepet lakunya.



#MenujuJepang2016

Ini rasanya mungkin kaya orang yang mendambakan bisa pergi Umroh kali ya, Dari kecil saya kepengeeen banget ke Jepang. Rasanya kalo bisa sampe ke sana, saya bisa cium lantai bandara kali ya saking seneng & gak percaya nya, karena selama ini pergi ke Jepang tuh rasanya cuma angan-angan aja, jauh mimpiku kalo kata lagu Peterpan. Saya udah mulai nabung dari tahun kemarin jadi kalo dikasih ijin sama Yang Di Atas sih pengennya November tahun ini bisa pergi. Tapi kalo dikasih ijin juga, mudah-mudahan bisa menang kompetisi blog nya Kawaii Beauty Japan & H.I.S. Travel jadi bisa pergi ke Jepang bulan Februari ini. Amin!
Nah, jangan lupa baca tulisan saya tentang travelling ke Hiroshima & klik banner #HISWinterTour di sidebar kanan blog ya, biar saya bisa ngewujudin mimpi saya, niscaya berkahnya Tuhan yang bales #teteppromosi



No More Couch Potato 




Lengan dan betis yang semakin melebar serta kebiasaan makan yang ga terkontrol membuat saya mulai concern dengan kesehatan dan berat badan. Kerjaan saya cuman duduk dari pagi sampe malem, terus goler-goleran, ngga ada bergeraknya. Males banget gerak pokoknya, istilah orang kaya saya itu namanya couch potato. Jadi di tahun ini saya mau coba mulai olahraga & kurang-kurangin jajan berlebihan. Pagi ini saya udah coba jalan & lari kecil selama 1 jam, enak banget ternyata ya, berasa badan diperes-peres. Katanya kalo dilakuin seminggu sekaliii aja, sebulan bisa turun berat badan .Semoga saya bisa konsisten terus nih, jujur kalo olahraga pagi, males bangun tidurnya! hahaha 






 
35 or 50 mm lens with 1.4 apperture




Saya suka bangett sama bokeh, dan itu agak susah didapet pakai lensa kit. Saya mulai merasakan keterbatasan di lensa yang saya punyai sekarang, lensa kit bawaan dari Fuji, Fujinon 16-50mm f /3.6. Di tahun ini saya pengen upgrade ke lensa yang angka f nya kecil, dan focal length nya sekitar 35 atau 50 mm. Lensa 35 & 50mm ini termasuk lensa yang bisa berguna di berbagai macam kondisi jadi serbaguna banget, selain itu kualitas gambarnya juga lebih tajam & oke untuk foto lowlight. Cuman ya itu kendalanya, untuk lensa mirrorless Fuji harganya sungguh syaitonirojim :'))





Ikut Berpartisipasi di Popcon 2016






 Terakhir, di tahun ini saya & 3Cina kepengen ikutan Popcon Asia 2016. Popcon is where all creators in creative industry gather. Sungguh keren-keren semua di sana & kalo bisa partisipasi buka booth karya di sana, kita seneng banget!








 ***



Jadi sebenernya momen tahun baru ini bagus sih buat melakukan refleksi, bukan di panti pijat, tapi refleksi diri. Hal-hal baik dan cobaan apa yang diterima tahun ini, resolusi apa yang sudah kesampean dan yang belum, dan yang penting sih  terlepas dari apapun yang terjadi, harus terus bersyukur, walau cobaan yang diterima mungkin lebih banyak dari hal baiknya. Nulis goal & target kamu juga bagus lho! Karena tanpa sadar akan bikin kamu terfokus untuk berusaha ngewujudinnya. Kayak gini contohnya, dengan nulis & mempublikasikannya, secara ga langsung kita udah bikin janji buat diri sendiri, dan karena udah dipublikasi, harus diwujudkan. Bahahha


Udah ah segini aja, saya jadi ngalor ngidul panjang banget sampe lebih panjang dari ripiuwan. #kayakadayangbacaaja
Dahhh..semoga tahun ini goal & resolusinya tercapai semua!



You May Also Like

10 comments

  1. Clarreeeen, makeup wisudanya cantik bangeeetttt!!!

    Amiinn. Semoga semua harapan terkabul yaaa. Dan semoga kamu dapet porsi kulit ayam KFC dobel pada waktu dan dari orang yang tepat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Arum.. amin.. moga2 tahun ini ihik ihik

      Delete
  2. gambarnya bagus banget Clarennn!!! Semoga 2016 makin sukses :)

    ReplyDelete
  3. Hai, Imigran Mongolia! Hahahahaha, ngakak betul baca tulisan ente! :D
    Kalo ke Jogja lagi, bilang2.. Biar bisa main lah kita! :D
    Btw, love your art work! Dulu aku mau masuk design graphic nggak dibolehin, huhuhu.. Good luck for everything, dear :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahahahahha hai mba Monic!! :D
      Wah mba Monic tinggalnya di Jogja ya? Boleh nih ntar kalo aku ke sana kita hengot di Ambarukmo 8)) hahaha
      Makasih Mba *sungkem* makasih uda mampir & kasi komentar
      Sukses juga buat Mba Monic :D

      Delete
  4. hahaha, kok gw baru baca yah #maklum blogger sibuk #kibas rambut #lalu rontok.

    Iyah mak, semangat terus . . .
    moga ke Jepang nya jadi, jangan lupa oleh oleh nya Cendol yah gan XD.


    oia, dari semua, gw sakit perut liat kribo ngePINK, OMG, itu lho mak, ampe zooming XD.

    Good Lak lah!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahhah rambut Anda rontok?? *sodorin Kaminomoto*

      Amin..aminn banget.. jiah mak masa jauh2 ke Jepun belinya cendol, itu mah di Monas juga ada xDDD

      wwkwkwk lu harus lihat film nya jg mak, dijamin mangap liat rambut gw disitu adeh wkwk

      Semangat semangat!

      Delete
  5. Waw Claren, aku salah satu pengunjung tetap blogmu lho. haha... baca kaleidoskopmu itu kayak semacam baca sedikit pengalaman aku sendiri juga. Bener banget tuh, bikin passport aja dulu diimanin pasti dikasi jalan buat jjs ke luar negeri hehe.
    Anyway, i love your blog. Tetep nulis ya!

    www.mimoyoja.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huwaaaa.. beneran? *terharu* Makasih yaa Raisa :'))
      Iya bikin bikin aja dulu, nanti kalo udah waktunya pergi jadi gampang tinggal cus hehehe

      Thank you so much, aku beneran terharu lho ini, you just sent me a bunch of spirit to keep going. I'll do my best!

      Delete

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram