The Importance of Make Up Sponge

by - Monday, January 20, 2014

Hey hoo semuanya, apa kabar? Seperti yang kita tahu Jakarta untuk kesekian kalinya kebanjiran. Gimana keadaan di daerah kalian? Rumah saya karena berlokasi dekat kali dan kolam renang, jadi tidak usah diragukan lagi, tentu saja banjir.





Namun selalu ada hikmah dibalik musibah bukan? Berkat banjir, maka ujian saya pun diundur sampai bulan depan, nahhh mumpung tugas lagi dikesampingkan dan listrik masih nyala maka ngebloglah saya hari ini huahaha


Hari ini saya pengen cerita kecil soal make up. Sejak saya makin sering browsing & baca-baca soal beauty, saya jadi mulai mengerti hal-hal kecil soal make up yang dulu saya anggep ga terlalu penting tapi ternyata sebenernya penting banget!! 
Contohnya adalah penggunaan make up tools yang tepat seperti brush dan sponge. Pertama kali saya mulai centil-centilan dan tertarik dengan beauty dan make up itu akhir SMA, saat itu make up tools pertama saya adalah set kuas-kuasan yang banyak dijual di toko pernak pernik gitu. Kenapa saya bilang kuas-kuasan? Karena kualitasnya lebih mirip kuas mainan daripada kuas beneran xD Saat itu saya merasa udah cukup dengan alat itu aja, karena pikiran saya waktu itu yang penting kualitas produk make up nya, alatnya pokoknya pake apa aja jadi dah. Sembrono banget ya waktu itu? Ya namanya juga  masih anak sekolah, satu esema~, apalagi waktu itu internet belum gaul-gaulnya kaya sekarang  jadi informasi masih terbatas


Semakin dewasa, sering dandan dan baca-baca, saya jadi mengerti pemikiran seperti itu kurang tepat.Untuk hasil make up yang bagus ga cuma ditentukan dari produk yang bagus aja, tapi alat yang mendukung juga berpengaruh. Misalkan aja nih dalam mengaplikasikan face product seperti make up base, BB Cream atau Foundation. Paling simple ya tentu pake alat yang sudah disediakan Tuhan, yakk betul.. jari tangan.. praktis, gampang, cepet tinggal usap-usap.. Tapi, tau nggak kalo aplikasi dengan jari tangan walaupun cepat dan gampang sebenarnya agak tricky karena kalau kita buru-buru atau kurang memperhatikan, hasilnya bisa kurang smooth, streaky (banyak garis-garisnya), ketebelan, pokoknya kurang pol begituh . Untuk beberapa produk yang konsistensinya agak cair seperti tinted moisturizer atau BB Cream yang tidak terlalu kental, memang lebih mudah jika pengaplikasiannya menggunakan jari tangan, tapi kalau foundation yang agak tebal dan padat tentunya lebih gampang kalo kita pake alat yang lebih 'canggih' untuk membaurkannya, yaitu sponge.



sumber : http://www.beautyjunkees.com/
Bentuk sponge yang paling umum ditemui untuk mengaplikasikan foundation/BB Cream adalah yang bentuknya segitiga seperti di atas. Bagian badan sponge yang paling lebar biasanya digunakan untuk aplikasi produk di bagian wajah yang lebar, misalkan pipi atau dahi. Sedangkan bagian siku-siku yang runcingnya untuk mengaplikasikan di bagian wajah yang sulit misalnya di sudut bibir atau samping hidung. Keunggulan pengaplikasian foundation/BB cream dengan sponge dibandingkan dengan tangan adalah hasil yang lebih halus dan rata. Jadi kalau kamu suka atau sering pakai foundation, it's hard to keep relying on our fingers, you need make up sponge.


Tapi sekarang, sponge makin banyak bentuknya macem-macem, yang sekarang banyak bermunculan adalah sponge yang bentuknya telur seperti ini



sumber : http://www.chinese-cosmeticpuff.com/


Merasa familiar dengan bentuknya? Beauty junkie pasti tau deh, kalo ngomongin sponge ginian ada satu sponge yang ngetop bangett.. dialah pioneer dari blender sponge sejenis yang sekarang ini banyak bermunculan... yak... ini dia... BEAUTY BLENDER!!!


sumber : http://manolobeauty.com/


Beauty Blender is the ultimate make up sponge applicator, invented by Hollywood's top make up artist : Rea Ann Silva (http://www.beautyblender.net/sponge.html). Beauty Blender ini adalah sponge untuk mengaplikasikan macam-macam produk make up : moisturizer, foundation, BB Cream, concealer, cream blush, contour & highlighter, macem macem!! . Beauty Blender ini ngetop banget, it is mentioned and used in sooooo many reviews and make up tutorials, even a few beauty gurus swore by it. Dan reviewnya rata-rata positif semua. Jadi penasaran emang seberapa cetar sih Beauty Blender ini? What makes it different from another sponge?


Beauty Blender bentuknya unik, kayak telur gini xD Bentuk seperti itu ada maksudnya.. bagian bawah yang bulat itu untuk aplikasi pada bagian wajah yang lebar kayak di pipi atau dahi, dan bagian meruncing yang di atas itu untuk aplikasi pada bagian wajah yang susah dijangkau seperti bagian hidung, bawah mata dan sudut bibir. Selain itu bentuk kayak gini lebih enak genggamnya, pakenya jadi lebih gampang, even pemula pun bisa menggunakan Beauty Blender ini. Yang paling sering dibicarakan dari Beauty Blender ini adalah kemampuannya memblend foundation begitu sempurna, sehingga hasilnya flawless & haluuuuuss bangett kaya muka artis. Pengen ga sih? pengen dong.. Saya aja ngetiknya sambil lap iler ini. 


Saya pribadi pernah menggunakan blender sponge sejenis, tapi bukan dari Beauty Blender, yang saya rasakan memang blender sponge memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jari tangan atau brush.Yang paling terasa adalah hasil make up jadi mulus, lebih natural, flawless, rata dan ga berbercak atau bergaris, tapi blender sponge yang saya gunakan sekarang sudah mulai disfigured bentuknya walau baru dipakai beberapa bulan, selain itu susah dibersihinnya jadi noda foundie masih suka nempel di situ T_T  .Memang banyak egg sponge atau blender sponge sejenis seperti yang saya gunakan, tapi melihat reputasi dan banyaknya pujian buat si Beauty Blender ini, I believe Beauty Blender can do better. Apalagi setelah saya liat review ini :


Review screencapped from http://www.birchbox.com/shop/beauty-blender-double

"8 dollar foundation look like 80 dollar foundation" cetar gak tuh sodaraaa??

Makanya, because of the disappointment of my current blender sponge dan dengan reputasi Beauty Blender yang sampe sebegitu hype dan disukainya, saya penasaran banget pengen ngebuktiin cetarnya Beauty Blender ini. Plus, I need this karena sekarang saya seringggg pake foundation.


"Kenapa ga langsung beli aja kalo kepengen?"


Beauty Blender untuk beberapa orang is considered pricey, retailing at $19.95 atau sekitar 200 ribu-an lebih untuk 1 buah sponge. Sayang sekali sodara-sodara, saya hanyalah mahasiswa semester akhir jadi saya belum kuattt belinya   . But with such price I believe there's also quality.  




Nah, karena saya kepengen banget nyobain cetarnya Beauty Blender, akhirnya saya ikutan deh writing contest yang di adain sama Ci Phanie & Beauty Blender Indonesia. Hadiahnya ga cuma Beauty Blender nya aja, tapi juga cleansernya! Jadi ga usah pusing kalo Beauty Blender nya kotor, bisa langsung dibersihin sama cleansernya  





Pengen ikutan juga? Langsung aja klik banner di bawah ini ya~

http://www.diaryofaproductjunkie.com/2014/01/new-year-writing-contest-sponsored-by.html



Plus, jangan lupa follow Twitter & Instagram nya Beauty Blender Indonesia, kamu bisa beli Beauty Blender di sana

TWITTER : @beautyblenderID






That's all for today, STAY SAFE & GOOD LUCK!!
(Oh no...it's raining again T_T)





cheers,



You May Also Like

2 comments

  1. wuahahahaha, hikmat dibalik Banjir ~~~~~~

    Gw juga mau ikutan tapi gak ada IDE!!!. yang terlintas idenya cuman Banjir dan HUJAN. itu doank -___-
    Keren banget yah, sponge ajehhh 200 rebuu -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoooohhh pasti kamuh bisaa! ini juga aku ga pake ide-idean, apa aja yang muncul diotak hajar aja deh wkwk
      Ini sponge tahan lama katanya makanya mehonggg~

      Delete

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram