POPCON ASIA 2016 : Where All Creators Gather

by - Thursday, September 01, 2016


Sudah berapa lamakah blog ini terbengkalai? Sebulan? Dua bulan?


Maap gaes, tapi seperti yang saya bilang di sini [Baca : BEGIN AGAIN] kemarin-kemarin saya sedang mengurangi kegiatan blogging gegara kesibukan lain ehe ehe. Tapi sekarang saya sudah kembali~ Walau dengan gak enak ati sih soalnya beberapa project review dari sponsor jadi ketunda sampe numpuk. Tiap kali saya pake produknya nih, saya selalu dibayangi oleh rasa bersalah 'WOI RIPIU DULU KALE BARU PAKE' <--- woi ini kebalik, pake dulu baru review! Ya gitu deh pokoknya. Walau break itu terasa enak karena lebih santai, saya ga betah juga kelamaan ninggalin blog, gimana gitu rasanya, kangen tapi campur ngerasa bersalah kayak abis macarin pacar orang hiks. #yakali

Saya hari ini mau cerita soal event yang minggu kemarin saya ikutin. Kali ini eventnya bukan soal beauty sih, tapi event kreatif gitu namanya POPCON ASIA 2016. Saya sebelumnya pernah bahas soal event ini di postingan saya terdahulu. Di sana saya sempet nyinggung soal 3Cina dan impian kita buat ikutan POPCON. Dan Puji Tuhan bangeeet loh kesampean tahun ini akhirnya. Salah satu goal besar tahun ini yang akhirnya bisa dicoret dari list *nangis terharu*

[BACA : Looking Through 2015, Welcoming 2016] 

Sebelumnya saya dan para kokoh 3Cina adalah visitor rutin event ini, karena kita suka banget liat-liat, belanja-belenji merchandise lucu & liatin karya-karya keren dari para ilustrator yang ada di sana. Seringkali ketika di sana kita mikir "Keren banget, pengen deh ikut jadi exhibitor POPCON kayak mereka *tunjuk-tunjuk ilustrator favorit*" Akhirnya sekarang kita bisa ngalamin sendiri gimana jadi exhibitor artist buat POPCON Asia ini. Rasanya? Pastinya bangga & gak terlupakan banget!

Koko & Cici dari 3Cina. Ga dijelasin panjang-panjang pun pasti ngerti kan kenapa namanya 3Cina? :D Karena kita bertiga Cina. Sesimpel itu :DDDD

POPCON itu apa kak? Yang rasa karamel sama keju itu yah? (Itu Popcorn dek! ck!)

Hmm.. kalo kalian penggemar komik, film, mainan, animasi dan sejenisnya, atau yang suka ngikutin perkembangan creative industry mungkin familiar dengan event ini. (atau mungkin udah pernah dateng) Singkatnya, POPCON Asia adalah sebuah event tahunan di mana professional, artists dan kreator di creative industry berkumpul. Focusing on comics, games, toys, film & illustrations, POPCON Asia bertujuan menjadi wadah buat para artists untuk networking, membuka peluang kerja sama dengan brand, media atau kreator lainnya. Gitu deh pokoknya, kedengerannya boring ya kaya meeting convention gitu. But it's not just a mere convention.

It's where all the creators gather in rows, showcasing their artworks in rows, like this

Documentation : POPCON 2015
Intinya ya sebenernya jualan sih (bahahaha) 😅 Tapi ga cuma 'tempat jualan' nya para artist, ada activity di tiap booth brand yang berpartisipasi, workshops, seminar, even live drawing too !

So the event was held on 12-14 August at Assembly Hall - Jakarta Convention Center. We prepared everything for a month, not only drawing, prints sampe ke printilan yang kecil-kecilnya. Bayangin selama sebulan tiap weekend saya di rumah ngerjain gambar, kalo ga ke percetakan. Gimana ga jomblo coba? *terus sesenggukan di lantai*


by : @clarenstefanie
by : @clarenstefanie

by @nirwanpranata

by @reinhardreren
                                                                        
Some of our works & items for our booth

Sedikit cerita tentang 3Cina, kita bertiga punya style gambar yang beda-beda. Koko Nirwan & Koko Reinhard suka banget sama style vector, sedangkan saya suka ngegambar cewe bermuka sendu dikelilingi kembang pake watercolor. Timpang banget ya? Tapi itu yang bikin kita saling melengkapi sih (ecieeee). Kapan-kapan kita mau coba gimana kalo 3 style beda-beda itu dituangin dalam 1 artwork. Apakah nantinya jadi keren? Ato kitanya malah jadi berantem? mmm..berantem gak mungkin sih, soalnya kita bertiga itu ibarat pisang kepok yang tumbuhnya nempel, ke mana-mana bertiga kecuali ke kamar mandi. Dipisahin bentar aja bisa kejang-kejang, gimana mo berantem.


Hayo, siapa mau sama koko? nanti koko kasih angpao


Salah satu yang terseru dari booth kita kemarin : BINGKISAN HOKI ! Yang belanja atau chit-chat di booth 3Cina, bakalan dapet angpao. Ets..saya tahu pikiran Anda semuah. Ini Angpao bukan sekedar bungkusnya doang, tapi ada isinya. Isinya apa? Tergantung hoki lu olang aa~ Yang pasti bukan zonk, apalagi ciong. Coba kita lihat salah satu dari beberapa pengunjung booth 3Cina yang hoki berikut ini.



 "Kok ada gocengan?"

Lah iyak beneran ada yang dapet duit. Dapet cashback angpao mamen.. Mana ada orang jualan malah bagi-bagi angpao isinya duit ke pembeli? Emang cuman 3Cina, soalnya kita bertiga Cina yang baik dan beramal #dor.

Guess what, it became one of the most memorable brand experience that we can give to the visitors. The feedback and enthusiasm from POPCON visitors were beyond our expectation. Our booth became so crowded, we barely can sit within a day. Suatu hari pernah booth kita sampe rusuh kayak di bawah ini


"INI PUNYA OWE!"
"ENAK AJA, INI PUNYA OWE!"
"ANGPAO OWE MANA ANGPAO OWE?!"

*kemudian saling tarik-tarikan kaya enci-enci di Asemka*

Guess who's dropping by our booth? Ci Phanie from diaryofaproductjunkie.com
Yang paling bikin saya semangat dan seneng 3 hari POPCON ASIA ini bukan jualannya, bukan balik modalnya atau untung dari segi materi. Tapi di sana bener-bener saya ngerasain kebersamaan dan dukungan dari temen-temen dan juga rekan sesama kreator. We met a lot of new people, expanding the network, learn from each other's stories. That's what made us beyond happy.


We met and had a chit-chat with our most favorite illustrators, Evan Raditya Pratomo or known as Papercaptain and Renata Owen! Mereka ini loh ilustrator yang kita tunjuk-tunjuk di awal kalimat pembuka tadi. Mereka favorit kita banget dan salah satu yang menginspirasi kita juga buat berkarya. Mereka ramah dan humble banget, the true description of "Semakin berisi padi, semakin merunduk". Ngepenss lah kita pokoknyaaa ngepeenssss


Btw pulang POPCON ga lengkap rasanya kalo gak jembrengin belanjaan & barang-barang yang didapet di sana. So here are the items that I purchased & tuker-tukeran sama kreator yang lain. Lucu-lucu semuaaaaa!! My favorite item tentu saja si boneka Baby Captain yang nggemesin banget yang lagi duduk di belakang situh. Kyaaaa~


Adopted the cute, fatty Baby Captain from Evan (Papercaptain) I'm a mother now yay!!



Really we couldn't have done all this without the help and support from our friends, sesama kreator dan juga temen-temen yang udah menyempatkan diri mampir ke booth 3Cina. Really, kita seneng dan thankful bangettt

3Cina + 1 Cina additional yang bakat jualannya nyaingin SPB PRJ, Koko Jason. Masih single, gebet aja gih

After POPCON I just realized how much I love this industry and how much I want to be the part of it. Passion saya memang di dunia kreatif. Saya juga bersyukur bisa 'kepleset' dikit ke dunia ini walaupun belum bener-bener 'kecemplung', ya setidaknya saya udah on the right track lah tinggal cari jalan aja buat nyampe ke tujuan saya :D.

Terakhir, impian saya dan 3Cina berikutnya adalah berkarya lebih banyaaaak lagi, terus juga bener-bener mendedikasikan waktu dan talenta yang kita punya untuk dunia kreatif ini. Kita pengen industri kreatif jadi salah satu tonggak pilar ekonomi di negara ini ceritanya. :D (Gaya-gayaan luuu komennya macem Mentri Ekonomi) Dan mungkin semua yang berpartisipasi di POPCON ini mungkin punya visi yang sama. So, artists and creators at POPCON are not just ordinary creators. They also bring changes.


UPDATE

 BINUS TV bikin video liputan POPCON 2016, 3Cina juga diinterview di sana lho! Kebetulan pas itu saya yang kebagian jatah ngomong *hiks!* Mohon maap cara ngomong saya kayak enci2 jualan bakmi dengan kecepatan bicara 100 kata/detik, saya juga gak ngerti kenapa logat saya di sana kaya enci-enci Glodok, padahal kalo yang kenal in real life pasti ngeh saya mah Bekasi banget hahaha plus muka saya keliatan aslinya deh, kan kalo video gak bisa di Photoshop yak :'(

Langsung aja nonton di sini kalo mau liat keseruan POPCON Asia tuh seperti apa, ato kalo mau liat enci-enci jualan bakmi, langsung aja skip ke menit 3:26






Oh yak terakhir  *ehem* boleh kali follow socmed nya 3Cina & main-main ke store kita di Tees.  


INSTAGRAM

ONLINE STORE



Berikutnya saya bakal lanjut lagi buat review skincare & makeup kece yahh. Saya punya beberapa yang udah numpuk di draft sampe laletan. Sekian dulu hari ini!
Salam Cina!


You May Also Like

3 comments

  1. Waaa ... akhirnya jadian ya sama koko Evan Raditya Pratomo?

    ck ck ck.. kekuatan doamu is emejing!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawab : Kayaknya ga pernah doa soal bginian deh bepp..

      Delete

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram