Nabung Buat Travelling Itu Nggak Susah Kok!

by - Wednesday, December 07, 2016

Aloha gaess..

Akhirnya bulan November berlalu juga.. saya sudah lama menanti bulan November tiba lho (ahay) Soalnya di bulan November ada sesuatu yang sangaaaat saya nantikan! Bisa dibilang ini penantian terlama soalnya saya udah nungguin ini sejak saya masih ingusan alias penantian dari masih kecil.

Di post kali ini saya gak bahas soal beauty.. tapi mau bahas soal JALAN-JALAN!! Karena saya mau kasih tahu kalau bulan ini akhirnya..

"masukin intro 21th Century Fox"


SAYA PERGI KE JEPANG !!!




https://cdn.meme.am/instances/500x/72858726.jpg
Saya sampe sekarang juga gak percaya gaes

Saya kayanya udah seringkali nulis di blog kalau pergi ke Jepang itu impian saya yang paliing paripurna selain mendapatkan suami setampan Dean Fujioka. Dan akhirnya tahun ini beneran kesampean gaes, saya excited & seneng bangetttt.. One of my biggest dream finally come true!

Kalian juga punya angan-angan pengen liburan ke luar negeri di akhir tahun ini? Mumpung masih muda, masih sehat, masih single dan belum banyak tuntutan hidup *tsaelah* ada perlunya juga lho kalo kita sekali-kali pergi piknik. Banyak tempat bagus di dunia ini, rasanya sayang banget kalau kita nggak pergi melihat dunia dan mencari pengalaman baru atau jodoh barangkali? *uhuk* *tetep*

Tapi ada satu kendala yang seringkali bikin impian kita untuk liburan ke luar negeri bubar di tengah jalan.

"Duitnya dari mana?"

Saya juga selalu ngejawab begitu setiap kali temen saya getol ngajakin ke travel fair atau ngajakin travelling ke tempat yang rasanya mustahil-karena-ketinggian-kastanya. Jepang salah satunya.

 "Apalah aku ini kak, aku cuma seonggok gedebong pisang berpenghasilan pas-pasan."

Dulu saya berpikir kalo travelling overseas itu agak mustahil buat saya karena butuh uang yang gak sedikit. Tapi apakah plesiran ke luar negeri adalah sesuatu yang 'mewah' dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang beruntung dalam segi finansial ? Sekarang jaman udah berubah, udah banyak travel promo dan kemudahan lainnya, jadi semua orang sekarang bisa jalan-jalan. Plus dengan usaha maksimal, berdoa & yang paling penting : DISIPLIN, jalan-jalan keluar negeri bukan sekedar angan-angan doang kok. Saya sendiri udah 'mempraktekan' beberapa tips menabung untuk travelling sampai akhirnya saya kesampean juga jalan-jalan ke Jepang. Gimana caranya? Sok atuh baca terus yahh..


Image credit : Shutterstock.com


Buat motivasi & penyemangat untuk diri sendiri 

Image credit : Shutterstock.com
Percaya deh, setiap mimpi yang kamu tuliskan itu bisa terkabul. Mungkin kedengerannya klise, tapi menulis mimpi & target bisa membuat mimpi kamu lebih cepat terwujud. Kok bisa? Karena kita udah netapin target buat diri kita sendiri, dan secara ga sadar kita pun termotivasi untuk itu. Maka dari itu coba deh tulis deksripsi liburan impian kamu di jurnal pribadi, bisa juga kamu tempelin foto-foto destinasi impian dan quotes penyemangat di dalam jurnal kamu buat extra boost. Saya sudah coba, dan berhasil. Asal jangan ditulis doang terus gak diapa-apain yaa..wajib usaha dan dibawa doa biar makin direstui mimpinya 😀


Buat Budget Planning

Image credit : Shutterstock.com
Hati udah mantep nih, terus semangat buat travelling ke destinasi impian udah memuncak sampai ke ubun-ubun, nah sekarang saatnya bikin budget Planning! Analisa budget ini penting lho, karena ini bisa menjadi acuan untuk menentukan berapa lama dan berapa besar kita harus menabung. Cari informasi dan research sebanyak mungkin untuk mengetahui apa saja yang dibutuhkan untuk travelling dan juga biayanya, mulai dari harga tiket, hotel, transportasi umum sampai belanjaan & jajanan. Iya, saya sampe bikin list jajanan dan barang apa aja yang mau saya beli di sana lho, supaya saya bisa ngira-ngira bakal keluar duit berapa, jadi ga syok-syok amat ketika ngeluarin dompet. hahaha.

Jangan Nabung Dari Sisa Gaji

Image credit : Shutterstock.com
Plis,"Nabung Dari Sisa Gaji" itu menyesatkan.

Yang namanya gaji itu kalo udah di tangan pasti abis brohhh.. Ujung-ujungnya malah kita gigit jari sendiri karena ga ada sisa yang bisa ditabung di akhir bulan. Boro-boro buat ditabung, buat beli indomie aja udah ngepress. <-- drama tanggal tua banget nih 

Tega sedikit sama diri nggak apa-apa demi impian jalan-jalan tercapai, ya ga? Maka dari itu sisihkan gaji kamu di awal untuk ditabung.

Besar tabungannya sih tergantung kemampuan masing-masing, boleh agak 'tega' dengan menyisihkan 30% - 40% gaji kamu untuk ditabung, 10-20% juga nggak masalah, semua kembali lagi ke kemampuan diri masing-masing. Kalo saya sendiri memilih jalan 'tega' karena saya mau tabungan saya cepet kekumpul. Setiap bulan saya nyisihin sekitar 40% gaji buat ditabung untuk travelling ke Jepang ini. Lumayan 'nyekek' sih, tapi saya akalin dengan bawa bekal ke kantor, terus kurangin jajan dan belanja yang ga penting-penting amat. Pokoknya hidup saya masih aman selama saya gak sampe makan alang-alang dan rerumputan sepanjang bulan. (emangnya embek?)

Pisahkan Rekening Tabungan Dengan Jelas

Image credit : Shutterstock.com
Nah kalau sudah menyisihkan gaji untuk tabungan liburan, segera 'amankan' ke rekening terpisah. Tabungan sama uang untuk kebutuhan sehar-hari jangan digabung kak, niscaya nanti 'bocor'. Namanya uang kalo udah 'di tangan' pasti gatel deh, tau-tau udah ilang aja tanpa kita tahu perginya ke mana. Mending biar aman bikin rekening khusus buat nyimpen tabungan travelling, kalo perlu gak usah dibikinin kartu ATM tabungannya *sstt.. ini khusus buat yang tangannya 'gatelan'*


Cari Tambahan di luar Penghasilan Utama

Gak cukup cuma dengan mengandalkan gaji bulanan? Mari kita cari sumber pendapatan lain kalo gitu. Nggak seruwet jadi freelancer atau bikin startup kok. Sumber pendapatan bisa dimulai dari rumah kita sendiri loh.

Pernah kepikiran buat beberes kamar dan ngumpulin barang-barang yang udah gak kepake tapi masih bagus?

Yep, you know where this conversation is going. Diduitin aja sis ! Ciamik ga tuh idenya? Daripada barang bekas cuma jadi sarang nyamuk di rumah, mendingan dijualin deh buat nambah-nambahin budget liburan.

Gara-gara jadi beauty blogger, di kamar saya bertumpuk kosmetik baik itu hibahan dari brand atau hasil dari kilatan nafsu belaka yang ujung-ujungnya cuma jadi tempat nempel debu di pojokan meja (alias gak kepake). Bukannya saya gak mau pake, tapi muka saya kan cuman satu, udah gitu saya tipe orang yang kalo pake kosmetik itu-itu aja sebenernya, jadinya banyak kosmetik yang mubazir.

Salah satu dari beberapa makeup yang jarang dipakek. Bayangin nih kalo dijual dapet berapa? hehe
Gak puas dengan hanya bongkar cosmetic box, kemudian saya bongkar lemari. Ternyata banyak juga baju-baju yang saya beli waktu saya masih jadi ABG metropolitan. Saya pun masih gak habis pikir, kok bisa-bisanya saya beli baju mini renda-renda beginian? Ada wig nya lagi. 👀

Waktu saya masih jadi cabe, baju-baju inilah yang menemani saya

Karena saya sekarang udah tua gede, lebih baik barang-barang ini dihibahkan kepada dedek-dedek yang lebih membutuhkan. Daripada dibuang, kita bisa mengais sedikit rejeki dari barang-barang ini. Beruntunglah kita hidup di jaman modern, kitapun gak perlu buka lapak di garasi mobil atau jualan pake gerobak siang-siang, karena ada OLX yang bisa nampung barang gak terpakai kita untuk kita jual demi liburan impian.

Dengan #BekasJadiLiburan dari OLX, kita bisa jual barang-barang bekas kita. Cukup login di http://bekasjadiapapun.id/liburan/ dan masukkan barang yang mau kita jual, kita udah bisa langsung pasang iklan yang pastinya akan menarik pembeli lebih banyak daripada promosi jualan mouth-to-mouth a.k.a. dari mulut ke mulut.



Selain itu, liburan impian kamu juga bisa diwujudkan sama OLX dengan ikutan kompetisi #BekasJadiLiburan, ada hadiah tiket PP ke Singapore + uang saku juga lho. Pas banget buat liburan akhir tahun kan?

Ini alternatif terakhir yang mungkin bisa dicoba. Walau caranya rada 'unik', tapi uangnya lumayan buat tambahan budget jalan-jalan lho. Gak kepikiran kan kalau barang-barang bekas bisa kamu manfaatkan buat ngewujudin mimpi kamu lebih cepat? :D Kamar bersih, uang pun ngumpul, jadi liburan deh~

Tips ini gak cuma untuk nabung buat travelling kok, tapi juga bisa diterapkan untuk kamu yang sedang menabung untuk apapun itu. Asal kamu disiplin dan teguh hati, semuanya jadi mungkin.




Gimana? nabung buat travelling itu nggak susah kan? Come on! Ubah barang bekasmu jadi uang, pack your bags and chase your dreams. AYO TRAVELLING !




Sampai jumpa di postingan berikutnya, semoga berguna buat kamu yang lagi nabung hehe

xoxo,






You May Also Like

2 comments

Feel free to leave a comment. Anonymous with hateful comments & spams will be deleted

Instagram